bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Ikan Berkepala Buaya gegerkan Tegal

Ikan Berkepala Buaya gegerkan Tegal

Ikan berkepala buaya
Seekor ikan berkepala buaya serta bersisik ular ditemukan Warga di Jalan Bali, sekitar kolam perbaikan kapal PT Sanur Marindo Ship di Pelabuhan Tegal, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal Jawa Tengah, Anehnya lagi ikan mempunyai empat sirip dan tiga ekor.

Ikan itu, ditemukan kakak beradik Atmo Wijoyo (40) dan Tamiludin (34), yang tengah menjala di kolam yang terletak di depan rumahnya. Atmo dan Tarjo memang sehari-harinya mencari ikan di dermaga dog perbaikan kapal.

''Saya menggunakan perahu kecil ya seperti jukung ini, lalu mencari ikan di kolam ini mulai pukul 19.00 sampai pukul 21.00, pada Sabtu (5/2),'' terang Atmo didampingi adiknya, Tamiludin,


Karena tak kunjung mendapatkan ikan, Tamil panggilan akrab Tamiludin menyorotkan senter ke air kolam itu.
  
Tiba-tiba muncul ikan yang tubuhnya mirip ikan lele mendekati jaring. Saat disorot lampu, ikan itu seakan-akan minta ditangkap. Saat didekati, ikan juga tidak menjauh tapi malah mendekati.

''Saya kaget karena melihat ikan berkepala seperti kepala buaya. Saya sorotkan lagi senternya, ternyata sisiknya mirip seperti sisik ular,'' ucap dia.
Ikan jenis ini disebut Tiktaalik

Mengetahui hal aneh seperti itu, Atmo kemudian melempar jaring untuk menangkapnya. Ikan pun dapat ditangkap sekitar pukul 21.00.

Kakak beradik itu lalu pulang ke rumah. Ikan aneh dengan panjang sekitar 50 cm, berat 1,7 kg itu kemudian ditaruh di kolam kecil yang biasa untuk menyimpan ikan mujahir hasil tangkapannya.

Esok harinya sejumlah tetangganya dan warga Kelurahan Mintaragen dan sekitar berbondong-bondong melihatnya.

Setelah diteliti, selain berkepala mirip buaya, ikan itu ternyata mempunyai empat sirip dan berekor tiga.


Jenis Ikan Purba

Kabar penemuan ikan aneh itu pun akhirnya menyebar ke warga Kota Tegal lainnya. Bahkan hingga Slawi (Kabupaten Tegal) dan Brebes. Banyak warga lainnya yang penasaran ingin melihat keanehan tersebut.

Rektor UPS Tegal Prof Dr H Tri Jaka Kartana MSi mendengar informasi tersebut, juga langsung memerintahkan Dekan Fakultas Perikanan Ir Nurjanah MSi untuk segera meneliti soal ikan berkepala buaya dan bersisik mirip sisik ular.

Berdasarkan literatur yang ada, juga penelitian sejumlah ilmuwan yang telah diumumkan dalam jurnal ilmiah pada 2006 dan disempurnakan Juni 2009, diketahui ikan yang memiliki dua pasang sirip itu disebut sebagai Tiktaalik, seekor ikan purba yang diperkirakan sudah punah ratusan tahun lalu.

Ikan berkepala buaya tersebut juga memiliki insang yang tidak biasa, sehingga bisa bertahan hidup dalam perairan dangkal dan sering menunjukkan dirinya di permukaan air. Keunikan itu pula yang kemudian menyimpulkan bahwa ikan ini merupakan jenis ikan hasil evolusi antara ikan dan makhluk hidup berkaki empat lainnya seperti dinosaurus, burung dan mamalia.

------------------------------------

PASANG IKLAN GRATIS:: Tanpa Daftar :::
Iklan Langsung Tayang secara massal :::

Info Terkait

:::KONTER PULSA WAJIB TAHU INI:::

Terimakasih jika Anda berkenan memberi Komentar dengan bahasa yang Santun